Jenis-Jenis Alergi

Alergi dibagi menjadi dua tipe. Tipe pertama adalah alergi berdasarkan penyebabnya. Tipe kedua adalah alergi berdasarkan gejala yang muncul di tubuh.

1. Tipe Pertama (Berdasarkan Penyebab)

Alergi yang dibedakan atas dasar penyebabnya juga terbagi atau dua macam, yaitu penyebab yang berasal dari luar tubuh (ekstrinsik) penyebab yang berasal dari dalam tubuh (intrinsik).

Penyebab yang berasal dari luar tubuh terdiri dari hal-hal sebagai berikut :

a. Alergi terhadap debu rumah, kapuk, dan serbuk sari bunga, biasanya berupa asma dan batuk

b. Alergi terhadap makanan, seperti udang, kepiting, susu, dan telur, biasanya berupa alergi kulit

c. Alergi terhadap tembaga, kulit, rantai jam tangan dan sebagainya

d. Alergi terhadap obat-obat antibiotik, seperti Tetrasiklin

Sementara itu, penyebab yang berasal dari dalam tubuh (intrinsik) pada umumnya merupakan faktor keturunan (genetis).

2. Tipe Kedua (Berdasarkan Gejala )

a. Tipe Cepat

Reaksi timbul 15-20 menit setelah alergen masuk ke dalam tubuh penderita

b. Tipe Lambat

Reaksi baru timbul 2-3 hari setelah tubuh kontak dengan alergen.

c. Jika terjadi pada kulit, yang timbul adalah gejala eksim. Jika terjadi pada hidung yang timbul adalah rhinitis, sinusitis, dan polip hidung. Pada bayi dapat menyebabkan peradangan usus.

Kedua tipe alergi ini paling banyak ditemui di Indonesia. Dibandingkan dengan alergi tipe lambat, alergi tipe cepat kasusnya lebih banyak terjadi. Di Indonesia, kemunculan IgE lebih sering dibandingkan dengan di negara maju (Eropa). Hal ini disebabkan Indonesia terletak di wilayah tropis. IgE juga dapat diproduksi oleh cacing, virus dan limfosit.

Alergi tipe cepat biasanya disebabkan alergen hirup, alergen makanan dan alergen obat-obatan. Alergi lambat biasanya, selain oleh alergen makanan, juga disebabkan oleh alergen yang menempel dikulit. Alergen tipe lambat membutuhkan waktu yang agak lama dan menimbulkan reaksi lokal, seperti gejala eksim dan bintik-bintik berair di lokasi-lokasi tertentu di tubuh. Misalnya alergi pada hidung (rhinitis), alergi pada saluran pernapasan (asma bronkial), alergi pada kulit (biduran, kaligata, eksim) dan alergi pada saluran pencernaan.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Alergi Dingin and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>