Jenis-Jenis Alergi

Jenis-jenis alergi yang ada di dunia yang dapat kita bahas bersama selain alergi dingin. Alergi merupakan reaksi sistem imun tubuh anda yang berlebihan terhadap sesuatu yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh kita. Reaksi yang timbul seperti rasa gatal, terbakar, hingga sesak nafas yang menjadi gejala dalam salah satu jenis alergi termasuk alergi dingin.

Berikut beberapa jenis-jenis alergi yang dapat kita bahas antara lain:

1. Jenis-Jenis Alergi Terhadap Sinar Matahari
Sinar matahari memiliki arti yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Namun, ada sebagian orang dari kita yang justru malah mengalami alergi jika terkena sinar ini. Gejala orang yang sedang mengalami alergi sinar matahari akan merasakan gatal. Penderita juga mungkin merasakan sengatan yang tajam di kulitnya saat berada di bawah sinar matahari hanya dalam hitungan menit. Bahkan Ia juga mungkin merasakan sakit kepala, memar, sampai mual.

2. Jenis-Jenis Alergi Terhadap Suara

Untuk anda yang memiliki alergi terhadap suara berarti anda sedang mengalami kondisi yang sangat sensitif terhadap suara yang anda tangkap. Jika setiap desibel suara yang didengar manusia normal dianggap menyenangkan, tidak kentara / wajar, tidak demikian dengan penderita alergi suara. Penderita alergi suara akan merasakan nyeri yang sangat tajam pada telingannya yang bisa menjadi pusing. Penderita alergi suara ternyata bukan hanya pada suara tinggi namun juga pada suara rendah.

3. Jenis-Jenis Alergi Terhadap Bir

Bir adalah salah satu jenis minuman beralkohol yang banyak dikonsumsi di dunia. Ada sesuatu protein yang digunakan dalam pembuatan bir ini yang dapat menyebabkan timbulnya alergi yang parah.  Protein yang terkandung dalam bir ini adalah protein liquid transfer protein yang juga menjadi pemicu adanya alergi.

4. Jenis-Jenis Alergi Terhadap Sentuhan

Sentuhan yang diterima oleh seseorang yang menderita alergi akan dapat memberikan ruam merah pada kulit. Bahkan pada saat anda sedang duduk dikursi ataupun saat menggunakan pakaian yang terlalu ketat dapat memicu reaksi alergi. Alergi terhadap sentuhan disebut juga dengan dermographism yang berarti penulisan pada permukaan kulit. Tekanan pada kulit menyebabkan minculnya rasa gatal.

5. Jenis-Jenis Alergi Terhadap Latihan Fisik atau Olahraga

Orang yang sedang dalam masa penyembuhan sebuah penyakit membutuhkan olahraga. Namun ada pula beberapa orang yang memiliki alergi yang cukup unik yaitu alergi dengan olahraga. Ada kondisi dimana anda akan mengalami reaksi alergi yang parah setelah anda melakukan aktifitas fisik. Gejala yang muncul pada alergi olahraga ini adalah dalam bentuk gatal dan kram.

Alergi dibagi menjadi dua tipe. Tipe pertama adalah alergi berdasarkan penyebabnya. Tipe kedua adalah alergi berdasarkan gejala yang muncul di tubuh.

1. Tipe Pertama (Berdasarkan Penyebab)

Alergi yang dibedakan atas dasar penyebabnya juga terbagi atau dua macam, yaitu penyebab yang berasal dari luar tubuh (ekstrinsik) penyebab yang berasal dari dalam tubuh (intrinsik).

Penyebab yang berasal dari luar tubuh terdiri dari hal-hal sebagai berikut :

a. Alergi terhadap debu rumah, kapuk, dan serbuk sari bunga, biasanya berupa asma dan batuk

b. Alergi terhadap makanan, seperti udang, kepiting, susu, dan telur, biasanya berupa alergi kulit

c. Alergi terhadap tembaga, kulit, rantai jam tangan dan sebagainya

d. Alergi terhadap obat-obat antibiotik, seperti Tetrasiklin

Sementara itu, penyebab yang berasal dari dalam tubuh (intrinsik) pada umumnya merupakan faktor keturunan (genetis).

2. Tipe Kedua (Berdasarkan Gejala )

a. Tipe Cepat

Reaksi timbul 15-20 menit setelah alergen masuk ke dalam tubuh penderita

b. Tipe Lambat

Reaksi baru timbul 2-3 hari setelah tubuh kontak dengan alergen.

c. Jika terjadi pada kulit, yang timbul adalah gejala eksim.

Jika terjadi pada hidung yang timbul adalah rhinitis, sinusitis, dan polip hidung. Pada bayi dapat menyebabkan peradangan usus.

Kedua tipe alergi ini paling banyak ditemui di Indonesia. Dibandingkan dengan alergi tipe lambat, alergi tipe cepat kasusnya lebih banyak terjadi. Di Indonesia, kemunculan IgE lebih sering dibandingkan dengan di negara maju (Eropa). Hal ini disebabkan Indonesia terletak di wilayah tropis. IgE juga dapat diproduksi oleh cacing, virus dan limfosit.

Alergi tipe cepat biasanya disebabkan alergen hirup, alergen makanan dan alergen obat-obatan. Alergi lambat biasanya, selain oleh alergen makanan, juga disebabkan oleh alergen yang menempel dikulit. Alergen tipe lambat membutuhkan waktu yang agak lama dan menimbulkan reaksi lokal, seperti gejala eksim dan bintik-bintik berair di lokasi-lokasi tertentu di tubuh. Misalnya alergi pada hidung (rhinitis), alergi pada saluran pernapasan (asma bronkial), alergi pada kulit (biduran, kaligata, eksim) dan alergi pada saluran pencernaan.

Untuk anda yang sedang mengalami alergi terutama alergi dingin ada baiknya anda menggunakan pakaian yang cukup tebal dan cukup untuk menghangatkan tubuh anda. Untuk anda yang alergi yang memiliki gejala gatal-gatal sebaiknya anda menggunakan bedak yang mengandung salicyl atau lotion yang mengandung antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang anda rasakan dan untuk mengurangi semakin memburuknya alergi yang anda rasakan. Semoga informasi ini memiliki manfaat untuk anda yang membutuhkan informasi tentang jenis-jenis alergi yang sudah kita bahas bersama diatas. Terima kasih


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Alergi Dingin and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>