Gejala Alergi Dingin

Gejala Alergi Dingin – Salah satu bentuk alergi memang adalah gejala alergi dingin. Ini terjadi karena kulit terangsang oleh rangsangan fisik. Rangsangan fisik dapat berupa mekanik, perubahan suhu, cahaya dan lain-lain. Gejala alergi dingin biasanya ditandai dengan rasa gatal-gatal.

Gejala Alergi Dingin

Gejala Alergi Dingin

Alergi Kulit

Alergi itu sendiri adalah keadaan dimana tubuh menjadi hipersensitif atau sangat sensitif terhadap hal-hal yang menjadi pemicu alergi. Pemicu alergi selain gejala alergi pada udara dingin juga bisa alergi karena debu, alergi karena obat-obatan, detergen, udang, telur bahkan pada cuaca yang panas sekalipun. Alergi dapat menyerang siapa saja dan dimana saja anda berada, terutama untuk anda yang memiliki penyakit asma dan memiliki riwayat keturunan alergi.

Rangsangan mekanik biasanya merupakan tekanan. Rasa gatal dapat timbul pada kulit yang mengalami tekanan seperti disekitar ikat pinggang dan telapak kaki. Gejala alergi dingin biasanya timbul setelah sekitar dua jam mengalami tekanan. Pada beberapa pasien timbul kemerahan dan gatal jika dia meletakkan tangan diatas meja atau lipatan kursi.

Gatal juga dapat terjadi akibat rangsangan udara dingin. Bentol yang timbul bisa muncul hanya di tempat yang terpapar dingin saja, tapi juga bisa diseluruh badan. Gejala alergi  dingin karena suhu dingin merangsang pelepasan bahan kimia yang disebut histamin dari Sel Mast (Mast cells).

 

Jadi zat histamin inilah yang menimbulkan bentol, kemerahan dan rasa gatal pada masalah alergi dingin . Bahkan seperti diinformasikan dokter Anda, zat histamin juga dapat mempengaruhi pipa salurann napas untuk menyempit yang menimbulkan sesak napas atau menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga timbul syok.

Gejala Alergi

Gejala alergi dingin lainnya seperti:

– Urticaria/bercak-bercak

Gejala alergi pada udara dingin biasanya ditandai dengan munculnya bercak-bercak kemerahan atau urticaria yang disertai dengan rasa gatal yang tak tertahankan. Bercak tersebut dapat muncul dengan tiba-tiba dan akan kambuh bila terkena air atau udara dengan suhu dingin.

– Bengkak

Terjadi pembengkakan pada jaringin atau cold-induced angiodema yang terjadi karena adanta kaitan denga urticaria. Pembengkakan ini dapat menyebabkan tekanan darah anda menjadi turun dan dapat membahayakan kondisi kesehatan anda.

– Hidung berair

Hidung yang terus berair tidak selamanya menjadi gejala alergi dingin, Namun gejala ini mirip dengan gejala alergi yang dirasakan sebagian dari anda yang menderita penyakit alergi udara. Gejala yang ditunjukkan antara lain seperti bersin, hidung tersumbat, dan hidung yang terus berair.

Penyakit Asma

Pada saat anda menghirup udara dingin dapat menyebabkan munculnya sesak nafas atau asma yang menjadi salah satu gejala alergi dingin. Sesak nafas ini diakibatkan dari adanya pengerutan saluran nafas yang dipicu dari udara yang dingin dan kering.

– Sindrom raynauds

Udara dingin yang menyerang kaki dan tangan bisa menyebabkan kontraksi pembuluh darah yang berat pada sebagian dari anda yang memiliki riwayat alergi. Kontraksi pada pembuluh darah ini akan berakibat kulit yang menjadi putih dan sakit karena kadar oksigen pada daerah yang mengalami kontraksi tersebut mengalami penurunan. Apabila anda mulai menghangatkan kulit anda maka akan berwarna seperti pelangi, merah dan lalu diikuti dengan warna biru. Untuk anda yang mengalami gejala alergi dingin seperti ini ada baiknya anda segera kedokter karena apabila gejala ini disepelekan bisa jadi ini adalah pertanda adanya masalah pada sistem imun atau penyakit lupus.

Cara Mengatasi Alergi

Cara untuk mengatasi gejala alergi dingin yang muncul dengan cara:

  • Menggunakan pakaian yang dapat membantu tubuh anda untuk menjadi hangat dan mengurangi alergi bercak-bercak anda. Anda juga dapat membantu mengurangi alergi yang anda rasakan dengan menggunakan lotion atau bedak alergi.
  • Mengkonsumsi jenis makanan yang sehat seperti buah dan sayur yang sehat seperti apel, jeruk, anggur, dan tomat.
  • Mengkonsumsi obat antihistamin yang dapat mengurangi gejala alergi yang anda derita. Obat ini memiliki 2 generasi, pada generasi pertama obat ini dapat menyebabkan kantuk seperti CTM dan difenhidramin dan ada baiknya anda hati-hati dalam mengkonsumsi obat ini. Pada generasi kedua ini obat yang anda konsunsi seperti Citirizine dan loratadine tidak menyebabkan kantuk, namun disarankan untuk anda yang sedang mengandung tidak mengkonsumsi obat ini karena dapat membahayakan untuk janin dalam kandungan anda.
  • Untuk sebagian dari anda yang memiliki penyakit asma ada baiknya anda selalu menyediakan inhaler pada saat anda sedang berada didaerah yang bersuhu dingin. Ditambah dengan menutup hidung dan mulut anda dengan menggunakan masker agar udara yang anda hirup lebih terasa hangat.
  • Anda dapat meringankan gejala alergi dingin dengan menggunakan baskom yang berisi air hangat untuk merendam telapak kaki anda atau dengan duduk dikamar mandi dnega pancuran air panas menyala. Anda dapat menggunakan suhu panas dengan air atau hanya uapnya saja beberapa kali dalam sehari untuk meringankan gejala alergi pada udara dingin yang anda derita.

Obat untuk mengatasi keadaan ini adalah obat golongan antihistamin. Pada keadaan akut, selain antihistamin kadang-kadang juga diperlukan obat golongan steroid. Cara menghindari timbulnya gejala alergi pada udara dingin adalah dengan menghindari kontak langsung dengan udara dan air dingin. Dengan menggunakan jaket atau mantel yang cukup untuk membuat badan anda terasa hangat. Gunakan lotion yang mengandung calamin atau zat anda histamin untuk menyembuhkan alergi. Apabila anda sedang berada dalam daerah yang memiliki temperatur suhu yang rendah bantu menghangatkan badan anda dengan mandi menggunakan air hangat. Cukup sering terjadi bahwa alergi dingin ini pada waktu yang lama dapat menghilang.

Gejala Alergi Dingin


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Alergi Dingin and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *