Alergi Dingin

Alergi dingin bisa juga disebut dengan Cold Urticaria. Jenis alergi yang satu ini tipe yang langsung menyerang sistem pernapasan. Alergi ini biasanya langsung bereaksi ketika seseorang terkena paparan langsung udara dingin atau air dingin atau ketika terjadi perubahan suhu yang turun secara drastis.

Alergi dingin terjadi akibat pelepasan histamin dalam jumlah yang cukup besar yang kemudian menyerang sistem kekebalan tubuh. Mereka yang umumnya mudah sekali terserang alergi dingin ini mengalami gejala sulit bernapas atau saluran penapasan terasa sesak.

Alergi dingin umumnya menimbulkan gejala-gejala lain seperti kemerah-merahan, gatal-gatal dan bentol-bentol di kulit. Alergi dingin umunnya yang ditandai dengan keluarnya bentol-bentol yang disertai oleh rasa gatal ini cukup membuat risau. Alergi dingin yang keluar melalui bentol-bentol akan terpapar sushu dingin atau suhu drastis dan kadangkala disertai rasa panas dan terbakar.

Alergi dingin yang ditandai munculnya bentol-bentol ini biasanya dapat sembuh dengan sendiri ketika suhu kembali normal. Atau dengan menggunakan lotion dan bedak dingin untuk meringankan alergi dingin.

Alergi dingin juga biasa diikuti oleh Urtikari, namun urtikari tidak semata-mata diakibatkan oleh alergi dingin. Ada beberapa alasan selain alergi dingin yang dapat mengakibatkan munculnya urtikari yakni suhu udara yang tinggi, bulu binatang.

Alergi dingin merupakan salah satu alergi yang cukup berbahaya. Terutama jika terjadi pembengkakan laring faring. Pembengkakan ini dapat mengakibatkan kematian pada pasien dengan resiko alergi ini.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka merupakan pasien dengan resiko alergi karena alergi ini seringkali disamakan dengan gejala-gejala flu biasa akibat perubahan cuaca yang darastis.

Alergi dingin jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan kematian sama seperti hipotermia atau menurunnya suhu tubuh secara terus-menerus.

Semakin rendah suhu tubuh seseorang akan menunjukkan tingkat kekritisan si pasien. Hipoterma Anda 33-36 derajat celcius, maka berkemungkinan mengalami hipoterma ringan. Biasanya gejala yang terlihat adalah akan merasa menggigil dan dingin.

Menghindari makanan yang menyebabkan alergi dan debu juga akan sangat membantu. Selain alergi dingin juga terdapat beberapa gangguan lain yang juga diakibatkan oleh suhu udara yang menurun seperti flu dan demam. Seseorang dengan riwayat laergi terhadap cuaca dingin sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan pakaian tebal dan tertutup sehingga tidak terkena paparan langsung udara dingin yang dapat menimbulkan alergi. Selain itu, hawa dingin pada musim penghujan juga bisa memicu alergi pada sebagian orang.

Gejala lainnya yang timbul karena alergi dingin yang anda derita adalah adanya Sindrom Raynauds. Sindron imi terjadi pada saat udara dingin menyerang pada kaki dan tangan anda. Apabila sindron ini terjadi sindrom ini bisa menyebabkan kontraksi yang terjadi pada pembuluh darah anda dan kontraksi yang berat yang terjadi pada beberapa orang lainnya. Sindrom raynauds dapat mengakibatkan kulit anda berubah menjadi putih dan terasa sakit karena kadar oksigen pada daerah yang sedang terjadi kontraksi akan terus mengalami penurunan. Apabila anda mengambil tindakan dengan menghangatkan kulit anda maka kulit anda akan berwarna seperti pelangi, awalnya berwarna merah yang kemudian diikuti dengan warna biru. Bagi sebagian dri anda yang mengalami gejala ini jangan pernah sepelekan gejala ini. Apabila anda menyepelekan gejala ini bisa jadi anda akan mengalami masalah pada sistem imun atau yang lebih parahnya lagi anda dapat terserang penyakit lupus.

Untuk mengatasi sindrom raynauds ini anda dapat pergi kedokter ahli alergi dan melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai alergi yang anda alami. Apabila alerginya parah anda dapat melakukan pengobatan kortikostreoid yang dapat mengurangi alergi anda. Pengobatan ini termasuk jenis pengobatan yang tidak aman jika dilakukan dalam jangka panjang. Dapat juga anda menggunakan pengobatan dengan menyuntikkan beberapa imunoterapidalam jumlah yang meningkat. Pemingkatan pada pengobatan ini harus dilakukan dengan berkala.Untuk anda yang memiliki status ekonomi menengah kebawah ada baiknya anda tidak mengambil cara pengobatan dengan penggunakan imunoterapi ini. Karena penyuntikan imunoterapi memerlukan dana yang cukup banyak dan waktu yang sangat lama.

Alergi dingin juga dapat menyerang anak-anak dengan gejala yang timbul berupa bentol-bentol. Gejala bentol yang timbul pada kulit anak tidak selalu alergi dingin, namun juga memiliki kemungkinan lain seperti eksim atopik, uertikaria atau biduran yang mungkin disebabkan karena adanya pemicu lainnya, dan masih banyak kemungkinan lainnya. Namun apabila benar gejala yang muncul adalah karena alergi dingin maka akan muncul bentol di beberapa bagian tubuh anak. Bentol ini terasa gatal dan akan hilang dalam 24 jam. Gejala bentol ini sering disebut dengan urtikaria.

Urtikaria disebabkan oleh beberapa faktor seperti perubahan duhu, baik dingin maupun panas. Untuk ibu tidak perlu khawatir anda dapat melakukan skin tes untuk memastikan alergi yang anak anda derita. Alegi pada anak anda dapat hilang dengan sendirinya bila suhu sudah kembali hangat. Pertolongan yang dapat anda lakukan pada saat anak anda mengalami alergi dingin adalah dengan memberikan bedak yang cocok untuk mengurangi rasa gatal akibat alergi.

Segera bawa anak kedokter apabila alergi ini sudah sering terjadi dan sudah mulai mengenai mata dan bibir anak anda. Bengkak yang terjadi dimata dan di bibir merupakan keadaan yang darurat yang mengharuskan si kecil dibawa kerumah sakit untuk melakukan pengobatan.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Alergi Dingin and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *